Friday, July 20, 2018

Think Before Create ! Big Idea Sometimes Not Need in Market

Bismillah
Poster acara

Rangkuman yang bisa saya dapat dari acara secangkirsemangat.

Acara secangkirsemangat adalah acara dibawah naungan BEKRAF serta KAPAL API, dimana acara tersebut adalah mencari 50 finalis dengan ide terbaik dan kemudian akan mendapatkan sesi mentoring dengan hadiah 250 juta untuk proposal terbaik. 

Secangkirsemangat di malang diadakan di ngalup.co yang dihadiri oleh banyak peserta, sampai penuh ruangannya .dari berbagai sektor industri kreatif. 

pada saat acara dimulai saya bertermu dengan orang dari 
1. Property Developer Araya yang selain menjadi developer property beliau juga mempunyai desain karya foto.
2. Marketing bikinslide.com, bisnis dengan ide dimana mereka membuka jasa pembuatan file presentasi yang menarik, maupun video grafis denga konsep menggunakan power point. clien memberikan topik presentasi untuk penentuan tahap desain akan dijelaskan diawal , selanjtnya setelah pengerjaan pembayarannya menggunakan perslide. 
3. Game dev UMM , adalah seorang gamedeveloper dari UMM yang sudah menjalani pada tingkat akhir,  yang sedang mengembangkan sebuah game, sedikit cerita, dia bikin startup tentang game, dia bercertita tentang masalah pada teamnya yang kurang solid,dan dia sebagai leader teamnya yang menjadi pengelola adalah temannya sendiri, dan mengerjakan di kontrakan, tapi teamnya kurang bisa diajak cepat, jarang tidur tapi target kerja kurang.
4. Dev freelancer anak Online Binus <BRAM>, nah  dia pernah ikut 1000 startup di malang , membuat lelangku, dengan team yang di matchingkan saat lomba, nah masalah yang ia hadapi adalah team juga, dimana teamnya hannya nurut dan tidak memberikan masukan , serta ada team yang usia agak lebih tua dari Bram , jadi kek judes saat balas chat .
5. Accountan dari garudagenius.com, nah dia bikin saat merasa gagal ikut sbmptn dan ikut STAN sudah tahap 3, namun gagal dan merasa sakit. kemudian dia ngerangkum semua materi pelajaran yang kemudian dikasih ke teman yang membutuhkan , akhirnya melalui obrolan tersebut akhirnya membuat garudagenius.com, konsepnya adalah membuat grub chat dengan tryout online.

Kegiatan ini sangat banyak memberikan saya keterbukaan tentang dunia bisnis. menurut  Leonard Theosabrata  dia memberikan materi tentang secangirsemangat dengan memberikan masukan beruapa banyak ide yang sampah, kebanyakan ide sekarang adalah hasil meniru produk yang ada, beda dengan zaman dulu . nah tantangn kita adalah banyaknya ide yang ada tapi kurang diminati pasar. yang akhirnya ide tersebut akan menjadi sampah.

Pada lomba secangkirsemangat ini kita diharuskan membuat tema lomba socialpreneur, misalnya kita punya jasa tentang cleaning service, nah ada support dari orang yang bisa memberikan sapu atau bahan2 yang kita perlukan.  atau menghire orang yang nganggur tapi bisa menyapu .

selain itu saya juga banyak sekali mendapat masukan dari mas Bram , nah dia memberikan saran :
1. bagaimana agar bisnis tidak rugi , salah satunya ada memvalidasi market. misalnya setelah mebuat BMC kita harus memvalidasi ke customers segment kita. validasi ke 5 orang, jika jawabannya negatif maka ganti ide bisnis tersebut.
2. membangun team harus ada leader yang mengambil eksekusi atau yang mempunyau hak veto, misalnya dalam suatu team ada yang berdebat ,leader harus bisa membuat keputusan yang tepat, karena kita tidak bisa meng'iya'kan semua gagasan dari team kita.
3. menjadi leader yang tegas. kita harus memberanikan diri untuk menegur team jika target tidak terpenuhi, misalnya sudah 3 kali melakukan kesalahan ya sudah berarti kita harus tegas untuk mengeluarkan, walaupun dia adalah teman sendiri, dengan prinsip teman saat diluar kerja. kalau saat kerja harus profesional .  artinya team leader harus mempunyai visi kedepan.  saat team bekerja leader juga harus bekerja.
4. menemukan team untuk ide kita, kita berikan ide bisnis kita kepada team yang ingin gabung, kemudian kita kasih mereka pertanyaan, "apakah ada saran untuk ide bisnis ini ? " jika mereka hannya mengiyakan it not our candidat, karena membuat sebuah bisnis harus ada rasa saling memiliki. dan  dengan memberikan saran berarti dia merasa ada yg kurang dan harus diperbaiki .

Acaranya sangat keren sekali.
semoga bisa menginspirasi. 

Terima kasih telah membaca artikel '' Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini di media sosial kamu:
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak..