Friday, March 23, 2018

Menganal Pointer di C


Setiap variabel dalam C mempunyai nama dan value yang saling terkait. Ketika sebuah variabel di deklarasi , sebuah blok memori dalam komputer mengalokasikan untuk menyimpan value dari variabel tergantung dari tipe datanya.
Perthatikan statment berikut :
int x =12
ketika pernyataan diatas deksekusi, compiler akan menset 2 byte memori untuku di simpan value 12, serta menset sebuah sebuah tabel simbol dalam hal ini adalah simbil x dan alamatnya berhubungan dengan 2 byte yang diset disampingnya.

Demikian , setiap variabel pada C mempunyai sebuah value dan juga sebuah lokasi memori atau biasa disebut sebagai address yang terkait denganya. kita akan menggunakan istilah rvalue dan lvalue untuk value dan alaman dari variabel itu, masing-masing.

rvakue muncul dari sebuah sisi kanan dari statment [12 pada kasus diatas ] dan tidak dapat digunakan pada sisi kiri sebuah statment . karena itu, menulis 12 =k, adalah ilegal . jika kita menulis.
int x=y;
x =12;
y=x
kemudian, kita mempunyai 2 variabel integer x dan y . compiler akan memesan memori untuk variebel integer x dan menyumpan rvalue 12 kedalamnya. ketika kita bilang y=x ditafsirkan sebagai rvalue sejak itu berada di sebelah sisi kanan dari assignment operator. karena itu disini x merefers ke lokasi penyimpanan lokasi sebuah set kesamping untuk x. dalam kasus ini x adalah 12, setelah pernyataan itu dieksekusi , rvalue  dari y akan juga 12.

kamu harusnya bertanya- tanya kenamapa kita mendiskusikan alamat dan lvalues.sebenarnya pointer tidak ada tapi yang ada adalah alamat memori. sebuah variabel pointer adalah yang mengandung lokasi memori dari variabel lain. karena itu , sebuah pointer adalah sebuah variabel yang mempresentasikan dari lokasi dari sebuah data. demikian  juga sebuah variabel atau sebuah array element  . Pointer kerap kalai digunakan di C , selama mempunyai sebuah nomer yang aplikasi yang berguna. yang termasuk  :

  • pointer digunakan untuk memberikan informasi balikan dan sebagaimana layaknya sebuah fungsi
  • Pointer mengizinkan programer untuk mengembalikan data item yang banyaj dari sebuah fungsi ke fungsi argument
  • Pointer menyediakan sebuah jalan alternativ untuk mengakses elemen individu dari sebuah array
  • Pointer digunakan untuk melewatkan array dan srng sebagai fungsi argiment.
  • Pointer digunakan u tnuk complek data structure, seperti data structure, tree, linked list, linked stacs , linked queues and graph.
  • Pointer digunakan utnuk dynamic memori allocation seperti variabel 

 
 
 
 
 

Terima kasih telah membaca artikel '' Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini di media sosial kamu:
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak..