Wednesday, January 3, 2018

Tips memperbanyak Kosa Kata bahasa Inggris


Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang step-step belajar bahasa inggris beserta tips-tipsnya, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana memperbanyak kosa- kata dalam bahasa inggris atau vocabulary.
Bagaimana sih mengetahui tingkatan bahasa inggris kita sudah sampai mana ? misalnya penguasaan pemahaman kalimat dan kata-kata yang belum terlalu familiar.

Coba kalian buka link dari https://simple.wikipedia.org/wiki kalian bisa temukan artikel yang kalian sukai, dan bahas inggris yang digunakan disitu adalah bahasa inggris basic atau kira-kira untuk anak sekitar SMP, sesuai namanya simple Wikipedia, jadi paparan atau penjelasan yang dibuat adalah penjelasan general dan ringkas.
Dari situ coba kita pahami isi dari salah satu artikel, apakah kita masih mengalami kesulitan dalam memahami kata atau makna ?

Jika iya pastikan untuk selalu mencatat kata-kata yang sulit. Setelah dicatat teman-teman bisa mencari kata-kata itu di kamus, tapi ingat agar kita memahami makna kata, jangan hannya langsung di terjemahkan ke bahasa Indonesia. Pastikan kita paham dulu arti di bahasa Indonesianya, setelah tau bahasa Indonesianya kita bisa mencari penjelasan lebih dalam di kamus oxford, Cambridge atau Longman.  Disitu akan dijelaskan makna kata, penggunaan kata hingga sinonim dari kata tersebut,  jadi kita bisa memperkaya kosakata juga dari sinonim.

Selain dari simple.wikipedia.org, tips agar kita bisa memperbanyak kosa kata adalah dengan membaca, misalnya cerpen, berita atau puisi atau mendengar lagu atau menonton film. Tapi menurut beberapa pihak, bahwa belajar vocabulary yang baik adalah dengan cara membaca, kenapa membaca ? karena kegiatan membaca itu murah, mudah dan banyak variasinya . beberapa rujukan situs lain untuk memperbanyak vocab yakni : lifehack.org, wikihow.com , times.com, jurnal dalam bahasa inggris dan masih banyak lagi.

Kata -kata dari bahasa inggris adalah kata-kata serapan yang banyak diambil dari bahasa Yunani dan Latin, misalnya :
aqu
Air
aquarium , aqua, aquatic
art
Kemampuan
Artist, artifact 
Contoh diatas adalah kata serapan dari bahasa latin, jika dilihat makna kata dari aqu misalnya, mempunyai akar kata yang sama yakni air, aquarium tempat air untuk ikan.  Dan masih banyak lagi, untuk contoh- contoh kata root, teman-teman bisa melihat di kamus https://www.learnthat.org/pages/view/roots.html. Dari kata tersebut kita akan bisa memperluas lagi kata dari aqua itu sendiri, dan secara tidak langsung di akan mempermudah kita dalam menambah kosa kata yang berasal dari root atau akar kata tersebut.

Untuk bahan bacaan lainnya pastikan jika kita ingin membaca untuk memperkaya vocabulary, kita bisa membaca menggunakan satu tema bacaan, misalnya bacaan korupsi, nah dari situ secara tidak langsung otak kita akan melakukan pengelompokan kata.  

Prefix dan Sufix atau kata imbuhan juga bisa mempermudah kita saat belajar bahasa inggris.
Prefix sendiri adalah kata imbuhan yang letaknya di depan misalnya dari kata Grad  bisa dikembangkan lagi dengan menembah imbuhan degredation,
Sedangkan Sufix adalah sebuah kata imbuhan di belakang.
Misalnya dari kata grad = graduation, gradual, dll
Referensi untuk prefix dan suffix

https://en.oxforddictionaries.com/spelling/prefixes-and-suffixes

Terima kasih telah membaca artikel '' Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini di media sosial kamu:
Latest
Next Post

post written by:

0 komentar:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak..