Wednesday, May 10, 2017

Go Digital untuk UMKM Indonesia

Bismillah

Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak nomer 4 di Dunia dan dengan potensi alam yang berlimpah, mulai dari dasar laut hingga udara. tak heran indonesia adalah incaran bagi dunia untuk mengeksplorasi alam serta menjadikan indonesia market yang menggiurkan.

Apakah kita hannya diam dan menjadi konsumen pemain luar ?

Menurut pandangan saya, beberapa tahun belakangan ini banyak anak muda yang sudah mulai sadar tentang pentingnya enterpreneur.  yang dimulai dari bisnis UMKM atau yang lebih terkenal dengan istilah Startup (Kata yang sedang naik daun untuk perusahaan yang baru merintis di awal ) hingga yang sudah mendaftar P.T. Jenis-jenis UMKM juga sangat beragam mulai dari produk pertanian, kuliner, jasa hingga product digital.

Di zaman milenium ini perkembanan tekhnologi juga sangt berkembang sangat cepat, hampir setiap hari saya melihat penemuan dan inovasi terhadap tekhnologi serta adanya penjualan yang terus meningkat. Smartphone misalnya, penjualannya barang ini pertumbuhannya sangat  meningkat drastis dan dengan harga yang terjangkau. Maka tah heran juga pengguna smartphone di Indonesia adalah terbannyak di dunia,  dengan 2 kali lipat dari jumlah penduduk Indonesia sendiri, berarti 1 orang bisa memiliki 2 atau lebih smartphone.

Dengan banyaknya pengguna smartphone, sehingga masyarakat indonesia pasti sering mengakses internet. dari situ akan muncul istilahnya peluang bisnis. Kita lihat sekarang pergerakan ekonomi sangat cepat dan orang-orang juga di tuntut cepat, sehingga kadang masyarakat tidak ada waktu untuk beli secara on the spot atau datang ke tempat. 

Untuk anak perkotaan daerah JABODETABEK atau daerah yang sudah ada Go-Jek misalnya, disitu kadang kita sering dimanjakan dengan berbagai fasilitas jasa yang ditawarkan, bukan hannya mempermudah tapi juga bisa menghemat waktu consumen dan anti ribet untuk memesan berbagai keperluannya. Atau pemesanana tiket, jika di jaman sebelum intenet merakyat , dulu saat bepergian kita harus pergi ke tempat jasa travel untuk memesan tiket. dan sekarang sudah banyak sekali situs penyedia pembelian tiket secara online , hannya dengan satu jari tiket sudah ada di  tangan tanpa harus pergi ke tempat penjuaan tiket.

Dengan berbagai kemajuan dan kemudahan ini, para UMKM di Indonesia juga harus memanfaatakan momen ini,  dan sudah waktunya bagi mereka untuk GO DIGITAL, jika kita terus mengandalkan pasar offline, maka pendapatan kita masih  kurang dan customer yang di jangkau hannya masyarakat yang datang di tempat. Tapi, jika kita sudah memasarkan product kita secara online omzet serta  customer akan kita dapatkan lebih dari jualan secara offline.

Untuk menjemput para customer online  adalah dengan menggunakan internet, internet adalah media untuk saling terhubung. kita bisa terhubung melalui berbagai media untuk saling bertukar info, berkawan, berjulualan dan masih banyak lagi manfaat dari internet. 

Bagaimana cara berjualan di era digital ini dengan internet ? 
sekarang sudah banyak sekelai cara untuk bisa jualan secara online misalnya dengan berjualan di social media, pemasangan iklan atau menggunakan platform  E-Commerce, sebut saja OLX, Bukalapak, FJB Kaskus, Elvenia dan masih banyak lagi. 
Kemudahan yang ditawarkan paltform E-Commerce adalah kita bisa menjual barang, mendapatkan banyak pengunjung, karena platform yang terkenal akan banyak mendatangkan banyak 
pengunjungnya. hannya kelemahannya kita banyak saingan jika kita menggunakan platform tersebut. 

Untuk mengatasi hal tersebut saya biasanya membuat situs jualan online sendiri.  kelebihannya dengan menggunakan situs sendiri menurut saya, 
Tanpa Saingan karena kita lah yang mengelola sendiri.
Customer Service yang bisa kita kelola sehingga kita bisa memberikan ciri khas sendiri saat menyapa para customer, misalnya seperti di toko online Sale Stok, toko online ini mempunyai ciri khas dalam pelayanan ke customer dengan memanggil SIS untuk para customer wanitanya. 
Brand Product kita akan dikenal, baik product maupun nama domain kita, sebut saja men's republik, tokopedia, nah dengan nama brand yang sesuai domain maka kita sudah bisa memunculkan brand kita sendiri.

Untuk membuat toko online pun sangat mudah.

  • Mempersiapkan Domain dan Hosting

sudah saya sempat singgung diatas, karena kita akan membuat toko online sehingga kita perlu yang namanya domain dan hosting. Saya sarankan anda memilih domain dan "Web Hosting Indonesia di IDCloudHost karena ini adalah salah satu  Hosting Murah Indonesia” yang sangat cocok harganya untuk bisnis UMKM  kita. Dan pastikan untuk penamaan domain bisa membuat dikenang dan membuat unik ditelinga masyarakat.
  • Menyiapkan Wordpress dan Menyiapkan Template
Keuntungan kita menggunakan wordpress, kita tidak perlu tenaga ahli IT untuk membuat toko online,  hannya ikuti langkah-langkahnya, toko online kita akan terpampang.
Langkah selanjutnya adalah menginstal Theme untuk toko online Anda. salah satu theme wordpress.
  • Menginstal Plugin
Agar toko online kita jalan kita perlu instal plugin namanya WooCommerce . 
jika sudah toko online masih dalam 50%, karena plugin ini hannya sebagai perantara agar kita bisa mudah untuk mengupload barang kita.


mudah bukan ? 
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan pastikan untuk pembelian domain dan hosting percayakan hannya di IDCloudHost  "Web Hosting Indonesia” "Hosting Murah Indonesia"


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan bijak..