Saturday, July 30, 2016

Membuat List View

Membuat List View, Kali ini saya aka membuat sebuah List View.
Apasih itu devinisi dari List View ?

List View adalah sebuah tampilan user interface yang ada pada pemrograman android untuk menampilkan daftar list secara vertical secara otomatis akan menampilkan daftar isi dari adapter atau dari sebuah database.

Adapter itu sendiri adalah sebuah komponen UI atau sumber data yang bisa disebut sebagai jembatannya. Tampilan itu sendiri dapat diambil dari adapter view dan menampilkan data yang berbeda., seperti List View, Grid View, Spinner d.l.l

activity_list.xml
activity_listpiev.xml

listpiew.java

Friday, July 29, 2016

Membuat Pop up Menu
Bismillah

yoo ... guys .. dipostingan kemaren sudah memposting mengenai SPINNER. sudah tahu kan apa itu Pop Up Menu di Android ?
Pop Up Menu adalah sebuah komponen di androi yang fungsinya untuk menampilkan dialog yang berkaitan denga action-action khusus atau spesifik.

Pada tutorial kali ini saya akan membuat beberapa  Pop up menu.
  1.  Menu satu menampilkan atau mengganti textview di aplikasi lewat pop up menu.
  2. Menu dua menampilkan atau mengganti textview di aplikasi lewat pop up menu
  3. Menu tiga menampilkan atau mengganti textview di aplikasi lewat pop up menu
  4. Share Menu , adalah fungsi untuk membuat pesan singkat  langsung lewat button yang bisa di share di Android.
Beberapa screenshot aplikasi sederhannya .. 
Menu Utama
 
Menu Dropdown



Nama Caption Berganti Sesuai Selected Menu


Memilih Share
Dan otomatis membuka dan menginpuukan teksnya

Berikut ini saya bagikan source code nya :)
 popup.java

popup.xml

Nah itu dia beberapa penertian dan contoh program dari aplikasi Pop Up Menu .
 Semoga bermanfaaat ^_^
Membuat Spinners
Bismillah

Hello guys, kemarin kita sudah membahas mengenai message box, nah kali ini saya akan membahas mengenenai Spinner.
Apasih spinner itu ?
Spinner adalah sebuah dropdown yang mempunyai tampilan hampir mirip dengan listview. Dengan fungsi, jika pengguna memilih pilihan dari sebuah spinner, maka objeknya dari spinner akan menerima data event dari daftar tersebut .
ini  adalah beberapa screenshot dari aplikasi spinner yang sudah saya buat.
Home

Tampilan Spinner




MainActivity.java
activity_main.xml
Oke itulah sedikit ulasan dan penjelasan membuat spinner  ..
Semoga bermanfaat ^_^

Thursday, July 28, 2016

Membuat Message Box dan Toas di Android
Bismilah ..

Hello guys.Kali ini  Taufiq akan membahas mengenai Message Dialog dan Toast di Android, Taufiq jelasin satu satu dulu yaa ... 

Apa itu Message Box?
Message box adalah  sebuah saarana interaktif user dengan aplikasi itu sendiri. Misal jika kita ingin  keluar dari sebuah Aplikasi biasanya muncul pertanyaan, "Anda Yakin Ingin Keluar ?" kemudian dibawahnya ada tulisan "Yes"dan "No"

Apa itu Toast ? 
Toast adalah sebuah kotak kecil transparant , dan biasanya toast hannya berisi pesan singkan yang muncul ketika melakukan save ataupun bisa disebut sebagai informasi atau peringatan dari aplikasi.

Ini penampakan untuk SS nya ..
Konfirmasi Keluar Aplikasi

Konfirmasi

Toast

Home

Dialog


Source Code Aplikasi

activity_toastactivity.xml




Semoga Bermanfaat ^_^

Wednesday, July 27, 2016

Dasar Layout Aplikasi Android
Bismillah.

kali ini saya akan memposting tentang Layout yang ada di android. Ada 4 Layout yang ada di android, yakni 
  1. Scrollview Layout, adalah sebuah layout yang digunakan untuk menampilkan informasi yang bersifat lebih detail. Dengan menggunkan scrollview kiyab bisa menaikan layout ke ayas dan ke bawah
  2. Linear Layout, adalah sebuah susunan tata letak yang paling simple yang digunakan untuk developer android. Karena layout ini hannya memberikan susunan tata kompleks secara garis-garis lurus. Bisa secara horizontal maupun vertical
  3. Relative Layout, adalah layout yang komponen lain dapat mengikuti komponen yang lain, intinya adalah komponen satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
  4. Frame Layout adalah layout yang digunkan untuk menampilkan 1 item komponenm kita dapat menamplkan item lebih dari satu dan secaa default Frame Layout akan menampilkan overlapping (Tumpang Tindih)
Dan dipostingan ini saya akan membagikan source code yang menggabungkan semua layout di android, mulai dari Scroll view, linear layout, relative layout .dan frame layout.
atau anda juga bisa belajar di android layout di android developer disini 

ini beberapa screenshoot. aplikasinya..

Full View
 

Source Code :


Semoga Bermanfaat.. ^_^

Tuesday, July 26, 2016

Traning 2 Hari UI/UX Design
Bismilah..
Dipostingan ini saya akan membahas pengalaman selama training 2 hari tentang Desain UI/UX.

Bersama team programmer IDN yakni Taufiq, Aji dan Farid, pada tanggal  23 Juli.Keluar dari jalanan madinatul quran dan menuju pasar di Jonggol dianter bersama mobil box yang menjadi supir adalah Mas Wisnu dan yang ikut adalah Mas Ade, Mas  Husni, Mas Nabil
Yang lain duduk di depan hahaha

Bismilah..
Dipostingan ini saya akan membahas pengalaman selama training 2 hari tentang Desain UI/UX.

Bersama team programmer IDN yakni Taufiq, Aji dan Farid, pada tanggal  23 Juli.Keluar dari jalanan madinatul quran dan menuju pasar di Jonggol dianter bersama mobil box yang menjadi supir adalah Mas Wisnu dan yang ikut adalah Mas Ade, Mas  Husni, Mas Alex dan Mas Nabil.

Sudah sampai di jalan besar di Jonggol , kemudian kami naik angkutan umum menuju cilenungsi berhenti di terminal. tapi alhamdulilah penunumpangnya saat itu sedang sepi dan kamipun di anter seampai di depan POLSEK cileugsi dengan ongkos  IDR 7K per orang.

ternyata rumah Pak Dedi masuk kedalam yang deket Masjid Al-Barkah, kami kemudian set location ke masjid AL-Barkah, saat menuju ke sana kami ketemu dengan teman IDN yang sudah disana duluan, yakni Rosyid, Ferry, dan Irpan.

Kebetulan mereka sedang mencari makan dan waktu saat itu menunjukan pukul 6.30 perutpun juga mulai berbunyi nih.. hehe  Kami taruh barang kami di rumah Pak Dedi dulu dan kemudian kami cari makan di daerah sana. Makan dengan nasi remas ditambah telur harganya pun lumayan euy.. dengan tarif IDR 9K menurt ane sih lumayan juga.. itu sudah include air teh anget tanpa gula.. hehe

Saat selesai makan kami kembali ke rumah Pak Dedi dan disana kami bertemu dengan member programmer dari IMA Studio Semarang yang kebetulan juga ikut training UI/UX design. yakni Mas Ariesta dan Mas Darto (Lupa-Lupa Inget juga) hehe

Jam sudah menunjunkan pukul 8, setelah kami sharing2 dengan mereka kami pergi ke training yang berlokasi di Perpustakaan Masjid Al Barkah. Disana kira-kira ada 10 orang yang mengikuti training tersebut, 3 dari IMA Studio , 3 dari IDN, 3 Dari Adik SMK yang sedang PKL.

Trainer UI dan UX design kami adalah Mas Bahni Mahariasha yang saat ini sudah menyelesaikan kuliah s1 di BINUS University di Jakarta. Sesi pertama saat itu adalah pengenalan apa itu UI/ UX design.

APA ITU UI /UX Design ?
Analoginya adalah Piring sebagai container, dan menu makanan padang  adalah informasinya dan sendok adalah UI. jadi apakah UX akan senang ? Iya
disamping itu ada beberapa orang yang tidak mementigkan UI analoginya mereka bisa makan tanpa sendok yang penting ada container dan informasi yang berkualitas.

tapi jangan anggap remeh juga UI, jadi UI, Information dan Container diusahakan seimbang agar User Experiencenya enak. 
Jadi mendesain yang bagus adalah harus melihat beberapa aspek 
  • Container ( Web browser, Mobile or Dekstop)
  • Information ( Text, Image, Video etc)
  • UI ( Button, Navigation, atau interaksi pengguna 
  • UX ( Semua include)
 Ada kutipan yang aku catat saat itu 
"Designing a better UX it’s not just sketching and making wireframes. "
Hari pertama saat itu membentuk kelompok yang masing -masing kelompok berisi 3 orang, dengan sitem acak dengan menyebutkan angka. kebetulan aku mendapat angka 3 dan aku bersama dengan Mas Ervan dan Mas Darto. Dengan materi pembahasan membuat Discover
   •Business goals
   •User needs
   •Technical capabilities
   •Competitors

Discover
Langkag selanjutnya adalah membuat Define
•Personas
•Scenarios
•Concepts and Requirements
Define

Define


And then is DevelopFocus on and develop a solution. Where the idea is transformed into a specific product or experience

•Information architecture
•Sketches and/or wireframes
•High fidelity prototype or
product
Information Archite

selesai training hari pertama sekitar 12 siang sebelum dhuhur dan kemudian kita cari makan disana saat siang itu kita makan ayam goreng depan Masjid AL-Barkah bersama teman teman IDN yang ada disana. Selesai makan kita ke rumah Pak Dedi, kebetulan disana ada Mas Ariesta, alhamdulialah mas itu baik mau sharing2 ilmunya ke kita.  Malam harinya teman Mas Ariesta yang kuliah di ITB jurusan TI semester 2  namanya adalah Mas Fadil.

Hari kedua kami mendapatkan makan pagi gratis dari peserta netwokers, padahal kami baru makan pagi di warung, dan akhirnya makanannya itu kami simpan untuk makan siang nanti. Masuk training Jam 9 pagi. agenda saat itu membahas tentang lanjutan kemaren yakni Sketch dan Mockup di Photosop
Wirefrane
Hasil Mockup di Photoshop
Hari ini training sampai jam 5 sore karena Pak Dedi kemaren bilang ke Mas Bahni karena traning kemaren cuman sebentar.. haha

Syukron banget buat semua dan jazakumullah

Ini ada beberapa dokumentasi kegiatan :D





Pulang hari senin dari cilengungsi ke Madinatul Quran naik UBER menunggu di depa alfamart perempatan jalan di celeungsi ,,,
Historynya





Monday, July 25, 2016

Mencari Ilmu Hingga ke Jonggol
Asssalamu'alaikum..
Bismillah..

Sebenarnya ini adalah blog yang sudah lama dibuat dan isinya tentang kehidupan mingguan dan isi hati serta pikiran, yang tulisannya hannya bisa dibaca  oleh saya sendiri. hehe
berhubung ada tugas untuk membuat blog, akhinya blog ini yang saya pakai,dari pada buat yang baru. Semua postingan yang sudah ada di blog ini tidak saya hapus, hannya saya taruh di Draft saja, hannya untuk bacaan private saja .. hehe

Dari dulu sebenarnya ada niatan pengen banget mondok, waktu SMK kelas 1 dulu ada niatan pindah sekolah sudah cari-cari didaerah kediri sekolah RPL yang sekalian mondok dan sudah dapet, tapi lokasinya jauh jadi gk diizinkan sama orang tua.

Sebenernya saudara saya khawatir jika saya harus pergi belajar ke Jonggol, karena melihat lokasinya yang berada di daerah pegunungan. Tapi saya tetep memastikan kepada mereka bahwa saya akan baik-baik disana. Alhamdulilah orang tua saya mengizinkan. walaupun saudara saya masih belum mengizinkan saat itu. "Ridho Allah Terletak Kepada Orang Tua". dengan mememang kuat kutipan hadist tersebut, aku tetap nekat walau saudara mengkhawatirkan ... hehe 

Akhirnya aku memesan tiket kereta untuk keberangkatan tanggal 17 ke Bogor, tapi sayang sekali tiketnya sudah habis, kemudian aku tannya keberangkatan untuk tanggal lain ternyata yang ada tgl 23 Juli itupun turunya di statisun Senen-Jakarta.

Tak lama kedudian ada SMS Pesan dari anak Netwokers yang kebetulan tetangga kota di Blitar, namanya Rosyid, dia ngajak barengan ke bogornya, dengan tiket berkisar 300an naik bus. Tapi aku masih bingung apakah Busnya lewat kota kediri apa gak ? 
Akhirnya aku tanya saja di agen tiket di kediri, aku pesan tiket ke Jakarta - Rawamangun, kenapa di Rawamangun ? karena aku mau kerumah temene kakaku dulu di Jakarta, sekalian mau lihat-lihat suasana di Jakarta, dengan sifat BONEK alias Nekat walau saudara mengkhawatirkan akhirnya saudara saya boleh.. hehe Dengan harga tiket saat itu untuk Lebaran berkisar 600an, saat itu saya membayar DP Rp. 400.000, kemudian membayarnya lunas saat H-2 Sebelum lebaran.

Hari H nya pun sudah tiba tgl 14 juli aku berangkat ke Jakarta tepatnya di terminal Rawamangun, saat itu semua keluarga mengantarkan aku ke agen tiketyna, nenekku pun juga ikut ikut.. hehe. dibawakan oleh-oleh berupa gethuk pisang, jenang dodol dan membawa sejenis lemper untuk makan saat perjalanan dan untuk oleh-oleh temannya kaka ku yang ada di Jakarta.
Sebelum Naik Bus, selfi dulu .. hehe

Saat itu berangkat jam 2 siang dari kediri dan sampai di Terminal Rawamangun kira-kira jam 9 pagi dengan di jemput Mas Ardan itu adalah temannya kaka. menginap disana selama 2 malam.
Kebetulan Mas Ardan bekerja di SMP dekat tinggalnya dan alhamdulilah ada wifi yang nyatol terus aku dikasih password wifinya. Lumayan kenceng banget kecepatan downloadnya
Kecepatan Download

Memang beda ya kecepatan internet di desa sama di sini, kalau di desaku ini biasanya harus beli @wifi.id baru bisa menikmati kecepatan segitu, tapi syaratnya juga harus sepi juga. :D setelah 2 malam berpuas-puasan dengan wifi dan keindahan bangunan di daerah jakarta.

Tgl 18 saya dan Mas Ardan menuju jonggol, dengan naik Bus jurusan ke Bogor kemudian naik angkot jurusan cileungsi. sudah sampai di Cileungsi supir angkotnya baik hati mau mengantarkan sampai ke jongol tapi ketika mau ke Madinatul Quran supirnya keblabasan sampai ke cireuk. Kamipun merasa gk enak sama supirnya akhirnya kemudian turun.
Mencari arah menuju ke jonggol balik itu susah euyy ... tiba-tiba ada mobil berwanya biru terlihat dari kejauhan.. ohh ternyata ada Taksi, akhirnya naik taksi daripada tidak ada kendaraan nungguin nya pun sudah lama.

Ke pesantrennya pun pakai Google Maps , karena supir taksinya tidak pernah melewati jalur ini hehe.. Supirnya pun heran, kok ada pondok di daerah kayak gini ? haha tapi ketika supirnya melihat banyaknya mobil yang berplat B di sini, supirnya merasa percaya.. haha

Sampai disini saat sore sekitar jam 3.00 sore dan hari itu sudah gelap alias sudah terasa mendung, dan aku berbegas bertanya kepada petugas di Madinatul Quran, tempat asramanya. katanya di asrama guru, akupun mulai mencari dimana asramanya. Ternyata di dekat kantor.

Saat itu saya disambut oleh teman-teman yang sudah sampai duluan sebelumnya. ada mas Wisnu, mas Aji, mas Alex, mas Rifki, dan Mas Egi mantan murid IDN yang sekarang menjadi guru di SMK TI Madinatul Quran jurusan TKJ.

Kenalan dan sharing-sahring dulu saat itu dan saat itu masih menunggu peserta IDN lain yang masih di rumah pak Dedy di CIleungsi. Mereka tiba saat malam  ketika ba'da Maghrib. kira2 ada 12an anak yang transit ke rumah pak Dedy. mereka kesini naik 2 angkot yang disewa. harganya katanya 1 angkot Rp.150.000.

Malam itu kebetulan ada juga mantan murid dari IDN juga yag sekarang menjadi guru disini di jurusannTKJ, namanya mas Bram.

Alhamdulilah sangat bersyukur bisa masuk di IDN ini dan bisa menambil jurusan Mobile Programming disini .. Semoga ILMU IT dan AGAMANYA dapet semua .. Aminn ...